Kamis, 17 Februari 2011

Brian Gym (terakhir)

Gerakan-gerakan pada tahap persiapan active dalam senam otak bertujuan mengaktifkan aliran cairan di dalam belahan otak kanan dan kiri. Dengan demikian informasi antarotak dapat berjalan tanpa hambatan dan koordinasi otak dengan seluruh organ tubuh pun lancar.

Cara:
Sentuhkanlah tiap tangan ke lutut yang bersilangan secara bergantian. Gerakan tangan kanan menyentuh lutut kiri , kemudian tangan kiri menyentuh lutut kanan.
Untuk memaksimalkan kemampuan pemahaman anak batita, tempelkan bulatan warna. Pada telapak tangan kanan ditempelkan bulatan berwarna kuning begitupun lutut kirinya.


Sebaliknya, pada telapak tangan kiri ditempelkan bulatan merah dan lutut kanan dengan bulatan merah.

Ketika anak diminta melakukan gerakan silang, katakan: “Coba warna kuning disentuhkan dengan warna kuning”.

Bagi ibu hamil, lakukan senam ini dengan perlahan dan jangan dipaksakan. Ibu yang mengalami kehamilan rawan pendarahan sebaiknya menunda gerakan ini sampai keadaan memungkinkan atau berkonsultasilah sebelumnya pada dokter.

Manfaat

Meningkatkan kesadaran keberadaan tubuh, menghilangkan stress (pikiran jadi jernih), daya ingat dan pikir meningkat, merangsang kelancaran cairan otak, meningkatkan koordinasi tubuh, mempermudah belajar, menyembangkan emosi, memperlancar peredaran limfa, mengatur tekanan darah, meningkatkan kesadaran akan kesehatan, dan membangkitkan rasa gembira.



Print This Page Print This Page

0 Comment:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites